Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Bululawang Kabupaten Malang

  • Fatima Andriani Universitas Kanjuruhan Malang
  • Siti Halimatus Sakdiyah Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rofi’ul Huda Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Model Numbered Head Together, Minat, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya peningkatan minat belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 bululawang dengan menggunakan penerapan model Numbered Head Together. 2) Besarnya peningkatan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 bululawang dengan menggunakan penerapan model Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Tagart. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-2 IPS X-2 SMA Negeri 1 Bululawang, dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk minat belajar siswa adalah 75.00, peserta didik harus terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan keberhasilan. Penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75%, mengacu pada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,00. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase minat 70% kategori berminat, sedangkan persentase hasil belajarnya 66% dengan nilai rata-rata 77 kategori cukup baik. Untuk siklus II persentase keaktifan 87% kategori sangat aktif sedangkan persentase hasil belajarnya 86% dengan rata-rata 80 kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Published
2019-12-17