Upaya Meningkatkan Kemandirian Pengambilan Keputusan Karier Melalui Teknik Diskusi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok yang efektif untuk meningkatkan kemandirian pengambilan keputusan karier siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (quasi experiment) dengan desain one-group pretest-posstest. Sampel penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan 11 siswa yang memiliki skor rendah. Hasil uji statistik Uji Wilcoxon Zhitung adalah -2,934b dan sig. (2-tailed) adalah 0,003 <0,05, yang berarti bahwa teknik diskusi yang efektif untuk meningkatkan keputusan karier di kelas XI A siswa SMA Negeri 1 Boleng. Hasil penelitian yang telah dilakukan dan analisisnya, dapat disimpulkan bahwa kemandirian pengambilan keputusan karier pada siswa kelas XI A SMA Negeri 1 Boleng meningkat karena perlakuan diskusi kelompok. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih luas untuk melihat sejauh mana dalam perkembangan keputusan karier peserta didik.