Pengaruh Self Regulated Leaning Terhadap Peningkatan Kebiasaan Belajar Siswa

  • Silmi Nur Imamawati Universitas Kanjuruhan Malang
  • Blasius Boli Lasan Universitas Kanjuruhan Malang
  • Devi Permatasari Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: kebiasaan belajar, self regulated learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap peningkatan kebiasaan belajar siswa kelas VII MTs Al-Islmaiyah Kedungrejo.metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen one group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Analisis data menggunakan Uji Wlicoxon. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kebiasaan belajar siswa meningkat setelah diberikan treatment dengan teknik self regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap kebiasaan belajar berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon yang menunjukkan sig. (2-tailed) 0, 005 < 0,05 artinya teknik self regulated learning mempengaruhi peningkatan kebiasaan belajar siswa kelas VII MTs Al- Islamiyah Kedungrejo.

Published
2019-12-17