Keefektifan Teknik Token Economy Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Siswa SD
Abstract
Token Economy merupakan sebuah system reinforcement untuk perilaku yang dikelola dan diubah, seseorang mesti dihadiahi/diberikan penguatan untuk meningkatkan atau mengurangi perilaku yang diinginkan. Perilaku agresif merupakan bentuk perilaku yang bertujuan untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis, dengan cara mengejek, membentak, menghina, menendang, menggigit, mencubit, dan melempar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik token economy untuk menurunkan perilaku siswa kelas V SDN 2 Sogaan Kabupaten Problinggo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sogaan Kabupaten Problinggo yang berjumlah 5 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis one grup pretest dan posttest design. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum dan setelah diberikan treatment token economy siswa telah mengalami perubahan dari perilaku agresif tinggi menjadi perilaku agresif rendah. Selanjutnya dipertegas dengan hasil analisis Wilcoxon dengan nilai signifikan 0,042 < 0,05, maka dapat disimplkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian treatment dengan teknik token economy dengan kata lain teknik token economy efektif untuk menurunkan perilaku agresif siswa SDN 2 Sogaan Kabupaten Probolinggo.Kesimpulan penelitian bahwa teknik token economy efektif untuk menurunkan perilaku agresif siswa kelas V SDN 2 Sogaan Kabupaten Probolinggo. Saran untuk dapat mengembangkan teknik ini dan dikemas lebih kreatif. Diharapkan pula penelitian ini agar dikaji lebih dalam guna untuk mendapatkan hasil yang optimal dipenelitian selanjutnya sebagai penyempurna dari hasil penelitian ini.