Pengaruh Penggunaan HP Android Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Georafi Angkatan 2015 Universitas Kanjuruhan Malang Tahun Ajaran 2018/2019

  • Anastasia Muliyana Universitas Kanjuruhan Malang
  • Triwahyudianto Triwahyudianto Universitas Kanjuruhan Malang
  • Mustika Arif Jayanti Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: HP Android, Prestasi Belajar Mahasiswa Georafi Angkatan 2015

Abstract

Untuk prodi pendidikan geografi baik mahasiswa maupun dosen tidak terlepas dari penggunaan Handphone Android dikarenakan berbagai kebutuhan serta arus globalisasi. Bagaimana mahasiswa maupun dosen pendidikan geografi dapat menjadikan Handphone Android sebagai sarana komunikasi maupun informasi serta pemberian tugas yang dibutuhkan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan HP android terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan geografi angkatan 2015 Universitas Kanjuruhan Malang Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di Universitas Kanjuruhan Malang angkatan 2015 dengan jumlah mahasiswa adalah 170 dengan jumlah laki-laki 87 orang dan perempuan sejumlah 97 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada dua yaitu angket dan pengumpulan data dengan cara memberikan serangkaian pertanyaan dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa prodi Pendidikan Geografi berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui jumlah responden sebanyak 43 skor angket prestasi belajar tertinggi adalah 32 dan prestasi belajar terendah adalah 27. Dalam penggunaan HP android diperoleh dari angket dengan 10 pertanyaan.

Published
2019-12-17