Manfaat Buku Penghubung Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk membantu pihak sekolah dan orang tua dalam
proses pembetukan karakter disiplin siswa. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian
untuk mengamati proses pengembangan karakter disiplin siswa di SMP melalui
manfaat Buku Penghubung. Sumber data yang diperoleh berupa sumber data primer
dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam
membangun karakter disiplin siswa melalui program Buku Penghubung perilaku
siswa sangat baik dan selalu mematuhi peraturan sekolah serta mempunyai tingkat
kedisiplinan yang sangat tinggi. Kesimpulan buku penghubung adalah sebuah buku
yang digunakan sebagai media komunikasi antara guru dan orang tua serta mampu
membangun karakter disiplin siswa. Manfaat Buku Penghubung yaitu menjalin
kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua. Buku Penghubung telah berperan
dalam proses pembentukan karakter disiplin siswa. Cara membangun karakter
disiplin siswa bukan hanya lewat program Buku Penghubung saja tetapi melalui
kegiatan ekstrakurikuler.