Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana peran dan manfaat perpustakaan sekolah dalam peningkatan kualitas belajar pada mata pelajaran PKn, serta kendala yang dihadapi perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif yaitu untuk memahami kejadian tentang apa yang dialami subjek penelitian dalam mendeskripsikan dan mengumpulkan data melalui penelusuran pustaka dan keterlibatan langsung dilapangan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 orang sebagai sumber data. Hasil dari naskah menunjukan peran perpustakaan sekolah dalam peningkatan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X dari segi koleksi buku pelajaran sudah memadai dan buku-buku fiksi yang bersifat rekreasi sudah memadai dan yang menjadi kendala dalam penelitian ini adalah kurangnya tenaga pustakwan sehingga memperlambat pelayanan yang ada diperpustakaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perpustakaan sekolah memiliki peranan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa karena perpustakaan adalah gudang ilmu dan jantung sekolah dimana setiap detakan dan kehidupakan sekolah ditentukan dengan adanya perpustakaan.