Upaya Guru PKn Dalam Meningkatkan Moral Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu; untuk mendeskripsikan upaya guru PKn dalam meningkatkan moral sisiwa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru PKn dalam meningkatkan moral sisiwa kelas VII SMP . Metode yang digunakan Penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumebr-sumber data yang ada. Hasil dari penelitian ini: upaya guru PKn dalam meningkatkan moral siswa dapat membentuk dan membangun sikap siswa kearah yang lebih baik dengan memberikan nasehat, penilaian spritual dan sosial dalam setiap proses pembelajaran, serta memberikan pembiasaan teladan yang baik, dan faktor pendukung dana penghambat bagi upaya guru guru PKn dalam meningkatkan moral siswa adalah faktor pendukung meliputi membiasakan adanya kesadarn dalam diri siswa, tanggung jawab siswa, kerjasama guru dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor diri pribadi siswa, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkung an masyarakat serta faktor teknologi yang menjerumuskan siswa ke hal yang negative. Sehinga dapat disimpulkan bahwa upaya guru PKn dalam meningkatkan moral siswa yaitu membiasakan dan mengarahkan siswa untuk selalu menaati segala aturan serta memberikan pemahaman mengenai aturan yang berlaku.