Persepsi Dosen Terhadap Sikap Sopan Santun Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Abstract
Naskah ini menggambarkan tentang persepsi dosen terhadap sikap sopan santun mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen terhadap sikap sopan santun mahasiswa PPKn. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari analisis data reduction, display, ferification dalam bentuk (coding, categori, tema), persepsi dosen terhadap sikap sopan santun mahasiswa PPKn bahwa sikap sopan santun mahasiswa PPKn masih dikategori mahasiswa yang sikap sopan santunnya baik, meskipun begitu dari semua mahasiswa masih terdapat satu dua orang yang sikapnya masih kurang sopan. Sikap sopan santun mahasiswa PPKn sudah baik mungkin dikarenakan sudah dalam bidangnya sendiri, dimana jurusan PPKn lebih mengutamakan karakter dan keperibadian yang baik. Dalam jurusan PPKn juga sudah mempelajari matakuliah tentang pendidikan karakter, dimana dalam matakuliah tersebut membahas tentang bagaimana cara kita bersikap dan berperilaku baik terhadap sesama maupun terhadap orang yang lebih tua. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa persepsi dosen terhadap sikap sopan santun mahasiswa PPKn rata-rata sudah baik.