Implementasi Pembelajaran PPKn Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri Pada Peserta didik Sekolah Menengah Atas
Abstract
Salah satu timbul melemahnya proses pembelajaran dalam dunia pendidikan yaitu model atau strategi pembelajaran yang tidak menarik, maupun yang membosankan bagi peserta didik, Metode Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) sebagai perangkat belajar bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dengan menggunakan sistem kredit semester (SKS), UKBM di buat untuk mengembangkan kemampuan siswa pada semua mata pelajaran termasuk pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan Penelitian ini Untuk mendapatkan gambaran Implementasi Pembelajaran PPKn Berbasis UKBM Pada Peserta Didik SMA. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan Penelitian deskriptif kualitatif, Jenis penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, yang terjadi saat penelitian berlangsung. dan penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang Implementasi Pembelajaran PPKn Berbasis UKBM Pada Peserta didik SMA sudah baik dan sesuai dengan Kemampuan yang dimiliki Siswa, walaupun ada satu atau dua siswa yang kurang antusias dalam menggunakan UKBM, Tetapi Hal tersebut sudah diberikan solusi oleh guru PPKn berupa memberi sanksi atau tugas tersendiri.