Peranan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mendidik Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Naskah ini bertujuan untuk mengetetahui upaya dan peran guru dalam mendidik akhlak peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP), untuk mengungkapkn kegiatan dan cara yang dilakukan oleh guru dalam mendidik akhlak peserta didik,untuk mengungkapkan kendala yang dihadapi oleh guru dalam mendidik akhlak peserta didik serta solusinya dan untuk menganalisis dan mencermati hasil pelaksanaan peran guru dalam kegiatan mendidik dan membina akhlak peserta didik di SMP. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dokumentasi.Hasil penelitian 1)perkembangan akhlak peserta didik mengalami perubahan setelah guru melakukan pembinaan dan pendidikan.2)Hambatan yang dialami oleh guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mendidik akhlak siswa adalah meskipun sudah dilakukan pembinaan dan mendidik dengan baik di sekolah tetapi masih terdapat banyak siswa yang memiliki akhlak yang rendah.3) Solusi dari hambatan yang dialami oleh guru dalam mendidik akhlak siswa adalah dalam pembinaan dan mendidik akhlka siswa perlunya kerja sama antara pihak guru,sekolah dan orangtua siswa. Dapat disimpulkan bahwa keberhasilan guru dalam mendidik akhlak siswa adalah dengan melakukan pembinaan secara terus menerus,diharus melakukan kerjasama yang baik antara guru dan orangtua dalam mendidik akhlak siwa.