Perkembangan Moralitas dan Keagamaan Siswa di SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum Sempol Kecamatan Pagak Kabupaten Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan moralitas dan keagamaan siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum Sempol Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terjadinya pelanggaran moral dan keagamaan yang dilakukan oleh siswa, seperti: tidak memberikan salam kepada guru pada saat masuk ruangan kelas, tidak melaksanakan Doa sebelum KBM dimulai, tidak melaksanakan Shalat duha, dan berkeliaran dalam ruangan kelas. Selain itu masih terjadinya penyimpangan moral dan keagamaan yang dilakukan oleh siswa, seperti: keluar-masuk kelas saat pelajaran berlangsung, ribut di dalam kelas, memakai topi di dalam kelas, menggangu teman yang sedang belajar, dan berbicara kasar atau jorok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perkembangan moralitas dan keagamaan siswa di SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum Sempol belum menunjukkan perubahan yang signifikan karena masih terjadinya pelanggaran dan perilaku penyimpangan terhadap moral dan keagamaan.