Aktualisasi Nilai - Nilai Pancasila Sila Ke-IV Dalam Organisasi Siswa Intra Madrasah di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Organisasi merupakan suatu wadah yang memfasilitasi setiap individu untuk kemudian mencari pengembangan sesuai dengan minat serta bakat yang dimiliki, peran fasilitator atau guru pembina dalam konteks organisasi harus mampu merealisasikan setiap program kerja menurut minat serta bakat setiap individu dalam organisasi tersebut, karena pada masa sekarang minat yang dapat dikatakan menurun terutama pada siswa untuk mengenal serta masuk ke dalam structural organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui bagaimana aktualisasi nilai siswa pada konteks Organisasi Siswa Intra Madrasah berlandakan nilai–nilai Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi naratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama. Sampel penelitian 4 peserta didik yang masuk dalam badan structural inti dalam Organisasi siswa Intra Madrasah (OSIM), kepala sekolah 1, pembina organisasi 2 guru, pengurus organisasi 4 pengurus. Metode penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian aktualisasi nilai – nilai Pancasila yang dilakukan oleh pembina organisasi yaitu memberikan fasilitas, motivasi, dan pendanaan yang membantu dalam pembentukan maupun pengalaman individu dalam organisasi semakin berkembang melalui musyawarah mufakat, dan leadership dapat mendorong siswa dalam mengaktualisasikan dirinya. Dapat disimpulkan bahwa pembina organisasi memiliki peran yang sangat penting dalam setiap hal dalam melaksanakan program kerja melalui kegiatan OSIM.