Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Siswa Agar Menjadi Warga Negara Yang Baik

  • Endah Caterineningtyas Universitas Kanjuruhan Malang
  • Purwito Adi Universitas Kanjuruhan Malang
  • Didik Iswahyudi Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan tentang upaya pengembangan pendidikan karakter untuk membentuk siswa agar menjadi warga Negara yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan teknik triagulasi untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa upaya pengembangan di dalam pembelajaran dalam silabus belum dicantumkan, tapi pada pengembangan RPP dan proses pembelajaran sudah dimasukkan nilai-nilai karakter (nilai religius, jujur, toleransi, disiplin dan tanggung jawab). Dalam usaha yang dilakukan oleh sekolah untuk mengembangkan nilai-nilai karakter bagi siswanya yakni dengan menggunakan strategi-strategi pengembangan nilai-nilaiĀ  karakter. Untuk Strategi yang digunakan oleh sekolah antara lain yakni strategi pemanduan, penegakan disiplin, serta traith of the month. Upaya pengembangan pendidikan karakter pada pengintegrasian dalam budaya sekolah yang dilakukan dengan kegiatan kelas (nilai toleransi), sekolah (nilai religius) dan luar sekolah /ekstrakurikuler (nilai tanggung jawab). Bentuk dukungan kepala sekolah meliputi pemodelan (modeling), pengajaran (teaching) dan penguatan karakter (reinforcing). Bentuk dukungan guru ialah dengan memasukkan nilai karakter dalam proses pembelajaran, serta pembiasaan karakter di kelas.

Author Biography

Endah Caterineningtyas, Universitas Kanjuruhan Malang

Penelitian ini mendiskripsikan tentang upaya pengembangan pendidikan
karakter untuk membentuk siswa agar menjadi warga Negara yang baik. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan menggunakan teknik
triagulasi untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa
upaya pengembangan di dalam pembelajaran dalam silabus belum dicantumkan, tapi
pada pengembangan RPP dan proses pembelajaran sudah dimasukkan nilai-nilai
karakter (nilai religius, jujur, toleransi, disiplin dan tanggung jawab). Dalam usaha
yang dilakukan oleh sekolah untuk mengembangkan nilai-nilai karakter bagi
siswanya yakni dengan menggunakan strategi-strategi pengembangan nilai-nilai
karakter. Untuk Strategi yang digunakan oleh sekolah antara lain yakni strategi
pemanduan, penegakan disiplin, serta traith of the month. Upaya pengembangan
pendidikan karakter pada pengintegrasian dalam budaya sekolah yang dilakukan
dengan kegiatan kelas (nilai toleransi), sekolah (nilai religius) dan luar sekolah
/ekstrakurikuler (nilai tanggung jawab). Bentuk dukungan kepala sekolah meliputi
pemodelan (modeling), pengajaran (teaching) dan penguatan karakter (reinforcing).
Bentuk dukungan guru ialah dengan memasukkan nilai karakter dalam proses
pembelajaran, serta pembiasaan karakter di kelas.

Published
2019-12-17