Upaya Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan khusus Dalam Meningkatkan Keterampilan
Abstract
Upaya layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam meningkatkan keterampilan. artikel ini bertujuan untuk : (1) upaya layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam meningkatkan keterampilan, (2) untuk mengetahui sejauh mana perkembangan keterampilan anak berkebutuhan khusus melalaui layanan pendidikan. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis pendekatan studi kasus untuk menggali secara mendalam dan mempelajari suatu pristiwa yang terjadi di tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data yang dilakukan adalah melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dara dan penarik kesimpulan. uji keabsahan data penelitian yang dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan tentang perkembangan keterampilan anak berkebutuhan khsuus di Layanan Pendidikan Anak Berkebtuhan Khusus(ABK) bahwa selama dalam pendidikan ada peningkatan atau perkembangan yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus karena semuanya didukung oleh adanya berbagai program kegiatan, program pembelajaran yang fleksibel dan berfariasi yang telah disesuaikan dengan kepribadian anak, dan juga adanya kerja sama dengan orang tua dalam membantu meningkatan keterampilan anak, serta dengan adanya sarana yang yang telah disediakan sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus.