Upaya Pembentukan Karakter Religius Islam Pada Siswa Melalui Keteladanan Di Sekolah Menengah Kejuruan

  • Dini Novitasari Universitas Kanjuruhan Malang
  • Iskandar Ladamay Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ludovikus Bomans Wadu Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Pembentukan Karakter, Religius, Keteladanan

Abstract

Pengaruh negatif dari arus globalisasi membuat merosotnya karakter religius pada
manusia. Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku
negatif yang dilakukan oleh para pelajar seperti berpakaian yang tidak sopan,
percakapan yang dilakukan dengan kalimat yang tidak santun, tidak menunjukan
rasa hormat terhadap guru. Dalam hal ini, pembentukan karakter religius melalui
pembiasaan yang dibarengi dengan keteladanan berperan besar dalam membantu
pelajar agar dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan sebagaimana mestinya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya pembentukan karakter
religius pada siswa melalui keteladanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif naratif dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan
di SMK NU Bululawang. Sampel penelitian 5 peserta didik dengan jumlah siswi
perempuan 3 siswa laku-laki 2, Kepala Sekolah, 1 guru PKn, dan 1 guru agama.
Metode penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukan pembentukan karakter religius melalui pembiasaan dilakukan
dengan kegiatan seperti bersalaman, berdoa bersama, sholat berjamaah, istiqosah
dan ceramah agama. Keteladanan yang diberikan oleh guru seperti ramah, sabar,
santun dalam berbicara, berpakaian rapi dan mengucapkan salam. Nilai-nilai
religius tersebut sudah diterapkan dengan baik selain itu guru memiliki peran yang
sangat penting dalam proses memperbaiki dan membentuk karakter

Author Biography

Dini Novitasari, Universitas Kanjuruhan Malang

Pengaruh negatif dari arus globalisasi membuat merosotnya karakter religius pada
manusia. Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku
negatif yang dilakukan oleh para pelajar seperti berpakaian yang tidak sopan,
percakapan yang dilakukan dengan kalimat yang tidak santun, tidak menunjukan
rasa hormat terhadap guru. Dalam hal ini, pembentukan karakter religius melalui
pembiasaan yang dibarengi dengan keteladanan berperan besar dalam membantu
pelajar agar dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan sebagaimana mestinya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya pembentukan karakter
religius pada siswa melalui keteladanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif naratif dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan
di SMK NU Bululawang. Sampel penelitian 5 peserta didik dengan jumlah siswi
perempuan 3 siswa laku-laki 2, Kepala Sekolah, 1 guru PKn, dan 1 guru agama.
Metode penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukan pembentukan karakter religius melalui pembiasaan dilakukan
dengan kegiatan seperti bersalaman, berdoa bersama, sholat berjamaah, istiqosah
dan ceramah agama. Keteladanan yang diberikan oleh guru seperti ramah, sabar,
santun dalam berbicara, berpakaian rapi dan mengucapkan salam. Nilai-nilai
religius tersebut sudah diterapkan dengan baik selain itu guru memiliki peran yang
sangat penting dalam proses memperbaiki dan membentuk karakter

References

Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Bantur. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i1.2977

Alwi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amirrudin. (2013). Peranan Guru terhadap Pembentukan Moral Siswa.

Anik, Damayanti. 2016. Pengembangan Karakter Religius Dan Disiplin Dengan Budaya Membaca Juz ‘Amma Dan Bacaan Sholat Kelas Vb Di Sd Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta

Armai (2002). Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Deni. (2014). Panduan Implementasi Pendidikana Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Fahrudi, Erista Zulki,Wiratmoko, Dheny. (2016). Peran Pendidikan Sebagai Pondasi Penumbuhan Karakter Bangsa Indonesia. Hal 333-3336.

Fatimah, Siti. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Investasi Pendidikan Masa Depan. Vol 8. Hal 135-149.

Ighfir Ubaidillah. (2017). Pembentukan Karakter Religius Siswa SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Melalui Pembiasaan Morning Activity

Megawangi. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Hal

Majid, A & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakraya

Marzuki.( 2015). Pendidikan karakter Islam. Jakarta: Bumi Aksara Grup.

Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52-56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955

Pangesti Istikomah. (2017). Pembentukan Karakter Religius Dan Mandiri Pada Siswa Di Smp Ip Tunas Bangsa Banjarnegara.

Setiawan, D. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Era Global. Hal 20–25.

Siantayani, Y. (2007). Pendidikan karakter sebagai pembentuk karakter bangsa. Hal 15–20.

Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66-70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067

Wadu, L. B., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131-139. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2256

Published
2019-12-17