Partisipasi Warga Negara Dalam Nilai Demokrasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Warga Negara Melalui Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Naskah ini bertujuan untuk menggambarkan tentang partisipasi warga negara dalam nilai demokrasi untuk meningkatkan keterampilan warga negara melalui pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu triangulasi dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data reduction, display, verification dalam bentuk atau coding, kategori. Adapun hasil partisipasi warga negara melalui keterampilan warga negara dari yaitu melalui siswa yang mampu untuk mengemukakan pendapat, percaya diri, dan saling menghargai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan warga negara dalam hal ini yaitu siswa telah percaya diri untuk menyampaikan argumen didepan publik. Dalam penelitian ini penanaman nilai demokrasi di sekolah salah satunya merupakan melatih siswa agar dalam memilah persepsi tentang kehidupan sosial, adapun tujuannya adalah praktik kebebasan ekspresi dari siswa tersebut. Dalam membentuk siswa siswi yang memiliki nilai demokrasi tidak terlepas dari peran seorang guru yang selalu mengajarkan anak didiknya untuk besikap sesuai dengan nilai demokrasi.