Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

  • Nawaji Universitas Kanjuruhan Malang
  • Katarina Daltrik Soma
  • Didik Iswahyudi
Keywords: keaktifan, hasil belajar, student teams achievement division

Abstract

Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX di SMP, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)  terhadap Hasil belajar siswa  kelas IX SMP. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen desain menggunakan quasi experimental design. Hasil uji t test pada hasil belajar adalah 0,169 > signifikan 0,005 berarti H0 ditolak dan Ha diterima, hasil uji t test keaktifan siswa adalah 0,040 > signifikan 0,005 dalam artian Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti menyimpulkan dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa ada pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP dengan melihat adanya peningkatan dari hasil post test yang diberikan dan keaktifan dari siswa.

Author Biography

Katarina Daltrik Soma

Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX di SMP, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)  terhadap Hasil belajar siswa  kelas IX SMP. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen desain menggunakan quasi experimental design. Hasil uji t test pada hasil belajar adalah 0,169 > signifikan 0,005 berarti H0 ditolak dan Ha diterima, hasil uji t test keaktifan siswa adalah 0,040 > signifikan 0,005 dalam artian Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti menyimpulkan dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa ada pengaruh model pembelajaran student teams achievement division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP dengan melihat adanya peningkatan dari hasil post test yang diberikan dan keaktifan dari siswa.

References

Anam, dkk. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual , (Online) (http://jurnal.unublitar.ac.id), diakses 12 Desember 2018. Jurnal Riset Dan Konseptual.

Anni, C. T. (2007). Psikologis Belajar (edisi revisi). Semarang: Unnes Press.

Daryono, dkk. (2011). Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Rineka Cipta. Jakarta.

Kuswanto Heru & Erina Richie. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan

Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA., 1(2), 202– 211. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi, diakses 13 Desember 2018

Maria Fatima Ida. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX SMP PGRI 01 Pakisaji . Skripsi . Malang. Universitas Kanjuruhan Malang.

Mbiri, S. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.

Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, d an Pembelajaran, 2(1), 12–24.

Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52-56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955

Prasetyo, E. (2010). Meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui pemanfaatan multimedia dan alat peraga dalam pembelajaran chassis dan pemindah tenaga kelas XI TMO B SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. SKRIPSI. Surakarta.

Putri, Andari Wdya, A. E. & M. R. (2016). Pengaruh Model STAD Berbantuan Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Keanekaragaman Hayati. 2016.

Rahmawati Endah, D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X 3 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Sosialitas, 2(1), 2012.

Rosyida Fatiya, U. & B. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficafy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan : Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 17–28.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Retrieved from http://www.karyatulisku.com/2017/10/pengertian-hasil-belajar-dan-jenis-jenis-hasil-belajar.html?m=1 diakses pada tanggal 8 Desember 2018

Sunarto, L. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Strategi Group Investigation Pada Mapel PKn Materi Perundang-undangan Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Retrieved from Naskah Publikasi website: (PDFeprints.ums.ac.id.), 8 Januari 2019

Suryanti, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil

Belajar IPS Siswa Kelas VII-D SMP Kartika IV-9 Malang . Universitas Kanjuruhan Malang. Wibowo, N. (2016). Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa MelaluimPembelajaran

Berdasarkan Gaya Belajar Di SmkNegeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational

Education (ELINVO), 1(2). Retrieved from

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/a

rticle/viewFile/10621/8996&ved=2ahUKEwjN-

uDMuMDiAhXEdysKHeOkCEIQFjAAegQIBhAB&usg=AOvVaw3V1osKNrhZv6sbnZGWivK6.

Diakses 29 Mei 2019

Wirahayu, A. (2012). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Malang.

Published
2019-12-17