Implementasi Perilaku Moral Siswa Dalam Kegiatan Jual Beli di Koperasi Sekolah Menengah Atas
Abstract
Banyaknya permasalahan tentang perilaku moral siswa harus di bimbing. Dengan cara penerapan kegiatan jual beli di koperasi sekolah peserta didik mampu memiliki sikap-sikap yang bermoral, berakhlak yang terkandung pada nilai-nilai moral. Tujuan naskah ini adalah pertama untuk mengetahui perilaku moral siswa dalam kegiatan jual beli di koperasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Pasuruan , dan yang kedua untuk mengetahui nilai-nilai moral pada kegiatan jual beli di koperasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam naskah ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji suatu peristiwa atau fakta yang terjadi saat penelitian dan penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik triangulasi untuk memperoleh keabsahan data. Hasil dari naskah ini siswa mempunyai perilaku moral siswa yang terdapat nilai moral yang baik seperti kejujuran, saling menghargai, disiplin, ketertiban, gotong royong dan keteladanan. Dengan adanya koperasi dan kegiatan jual beli siswa tidak mengalami kesulitan dalam membeli dan menjual akan menjadi siswa untuk melatih perilaku moral siswa yang terkandung pada nilai moral.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan jual beli di koperasi sekolah dilakukan melalui kegiatan terprogram secara rutin dan bertahap dan kegiatan pendukung lainnya.
References
Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B., & Wadu, L. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Bantur. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i1.2977
Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persadaelajar
Ali, AM. Hasan. 2004. Asuransi Dalam Perspektif Hukum Islam. Jakarta: Prenada Kencana.
Coles, R. 2000. Menumbuhkan Kecerdasan Moral Pada Anak (Alih Bahasa dari: The Moral Intelligence of
Children : How to raise a moral child). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Departemen Pendidikan Nasional. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fuhrmann, B.S. (1990). Adolescence, adolescent. London: Foresman and Company.
Hassan, Fuad. 2004. Pendidikan Adalah Pembudayaan:Dalam Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta :
Kompas
Hasibun, Malayu S.P. 2006,Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi : jakarta. Bumi Aksara
Hendi Suhendi, fiqh Muamalah, Jakarta, PT RajaGrafindi Persada, 2008
Hurlock, E. B. 2006. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Alih bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1998). Jakarta : Pustaka Amani
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
N Muhadjir . Pengukuran kepribadian, - Yogyakarta: Rake Sarakih, 1992
Nono, G., Hermuttaqien, B., & Wadu, L. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52-56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955
P. Weetman, Financial and Management Accounting, USA: Pearson, 2013
Prasetya,Dwi dan Yulianti, Sri Handaru. 1998. Manajemen Portofolio dan Analisis Investasi. Yogayakarta :
Andi
Rochmadi, N. 2002. Dasar & Konsep Pendidikan Moral. Rineka Cipta. Malang
Rudianto. (2010). Akuntansi Koperasi Edisi Kedua. Jakarta. Erlangga
Sunarti, E. 2005. Menggali Kekuatan Cerita. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Suwiknyo, Dwi. 2010. Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sjarkawi. 2008. Membentuk Kepribadian Anak “Peran Moral Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Syarbini, Amirulloh. 2016. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta : As@-prima pustaka
Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Prenada Media Group
Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian
Wadu, L., Darma, I., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66-70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067
Wadu, L., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131-139. https://doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2256
Widjaja, Gunawan, and Kartini Muljadi. Jual Beli. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.rito, M. (2003).