Implementasi Full Day School Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X

  • Elisabet Surianti Erda Universitas Kanjuruhan Malang
  • Suciati Universitas Kanjuruhan Malang
  • Didik Iswahyudi Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Implementasi, Full Day School

Abstract

Implementasi full day school pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA)    dengan tujuan untuk mengetahui implementasi full day school pada siswa kelas X SMA, untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat full day school pada siswa kelas X SMA, juga untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif dalam pelaksanaan full day school pada siswa kelas X SMA. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa implementasi full day school pada siswa kelas X SMA telah ditetapkan oleh pemerintah dan dilaksanakan mulai dari pukul 06.45–14.15 akademik 14.15–16.00 ekstra. Adapun tujuan dari implementasi full day school ini guna untuk mengurangi kenakalan anak – anak dan bisa terpantaui dari hal – hal negatif, dengan faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana yang cukup memadai dan juga dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sulitnya mencari guru – guru ekstra yang sesuai dengan kebutuhan karena banyak waktu yang bertabrakan, akan tetapi ada juga dampak positif dan negatif dalam pelaksanaan full day school ini yaitu dampak positifnya adalah pengetahuan siswa lebih meningkat karena mempunyai banyak waktu disekolah untuk belajar, sedangkan dampak negatifnya adalah siswa lebih cepat bosan, capeh ataupun lelah karena harus berada di sekolah dari pagi hingga sore

Published
2019-12-17